Rapat Paripurna Dalam Rangka Penjelasan Gubernur Terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Sulut Tahun 2023.

oleh -881 Dilihat
oleh

SULUT, MomentNews.id – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)  Olly Dondokambey menghadiri menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penjelasan Gubernur terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Sulut Tahun 2023.

Rapat Paripurna yang dihadiri juga oleh Wakil Gubernur Steven Kandouw ini dilakasanakan diruang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara, Jumat (14/06/24).

Rapat Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Sulut Fransiscus Andi Silangen, didampingi Wakil Ketua Viktor Mailangkay, Wakil Ketua Raski Mokodompit. Penyampaian pertanggungjawaban APBD 2023 disampaikan langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey.

DPRD Sulut juga melaksanakan Rapat Paripurna tentang tiga buah Ranperda Prakarsa DPRD tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah no 4 Tahun 2017 tentang Pembentukan Susunan Perangkat daerah, Ranperda tentang Pemberdayaan Pemuda, dan Ranperda tentang Perlindungan dan Pelestarian Danau Tondano, sekaligus pendapat gubernur terhadap tiga buah Ranperda tersebut, serta tanggapan fraksi terhadap jawaban Gubernur.

Seluruh Fraksi DPRD Sulut memberikan apresiasi atas capaian Pemprov Sulut atas penilaian WTP yang kesepuluh kalinya dari BPK RI. Dan menyetujui seluruh Ranperda ini dibahas lebih lanjut pada tingkat selanjutnya seuang dengan perundang-undangan yang berlaku.

Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya menyampaikan, keberhasilan Pemprov Sulut dibawah kepemimpinan OD-SK yang delapan kali berturut sebagai salah satu indikator keberhasilan dalam proses pembangunan.

 

Menurut Gubernur Olly ada beberapa capaian positif Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam pengelolaan keuangan daerah selama tahun 2023, di antaranya adalah anggaran mandatori spending sesuai dengan sesuai pedoman penyusunan APBD memiliki rencana aksi daerah tujuan pembangunan berkelanjutan di tahun 2023 sampai dengan tahun 2026.

 

 

“Saya mengajak semua stekholder pembangunan di daerah ini untuk terus bekerja bersama, bersinergi serta berada dalam satu tekad dan komitmen sehingga pemerintah Sulut mampu meraih opini WTP dalam pelaksanaan dan pengelolaan APBD tahun anggaran ke depan,” kata Olly.

“Capaian kinerja yang kita peroleh tentu tidak lepas dari kerja keras kerja sama dan dukungan semua pihak terutama dari anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara. Dalam kesempatan ini juga saya menyampaikan terima kasih atas masukan konstruktif yang telah diberikan oleh seluruh fraksi dalam pandangan umum. Kami menyadari bahwa masukan dan kritik dari fraksi-fraksi sangat penting untuk perbaikan ke depan,” ucap Olly.

“Ketiga Ranperda tentang perlindungan dan pelestarian danau Tondano adalah salah satu kekayaan alam Sulawesi Utara yang harus kita jaga dan lestarikan. Ranpersa ini diharapkan dapat memberikan kerangka hukum yang jelas untuk upaya perlindungan dan pelestarian danau Tondano hingga dapat diwariskan kepada generasi mendatang dalam kondisi yang lebih baik. Oleh karena itu kami menyambut baik dan mendukung sepenuhnya ketiga ranperda tersebut,” tutup Gubernur OD.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.