Pemprov Sulut Raih Nilai MCP Terbaik dari KPK

oleh -762 Dilihat
oleh

SULUT, MomentNews.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) meraih total nilai 90,47 dari data per area intervensi Monitoring Center For Prevention (MCP) 2023 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal ini terungkap dalam rapat dengar pendapat (RDP) perihal Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dengan pemerintah provinsi serta kabupaten dan kota se Sulut, bertempat di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut pada Rabu (06/03/24).

 

Pimpinan KPK RI Nawawi Pomolango mengatakan total nilai 90,47 ini merupakan yang tertinggi dari kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Utara, dilihat dari nilai area, seperti Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, Pengawasan APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, serta Pengelolaan BMD.

 

 

Terkait MCP Terbaik ini juga, lanjut Nawawi, tentu ada penghargaan yang akan dikoordinasikan dengan kementerian – kementerian terkait, bentuk penghargaannya kepada pemerintah kota, kabupaten dan provinsi yang konsisten di dalam hal penguatan kerja – kerja ini.

Tujuan MCP mendorong pemerintah daerah bisa melakukan transformasi nilai dan praktik pemerintahan daerah sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang baik. Salah satunya dengan Monitoring Center for Prevention.

“Dari MCP ini kita bisa menjadikan cermin untuk melihat kerja daripada teman – teman. Paling tidak ada sembilan area yang kita cermati disitu. Seperti apa kerja – kerja dari pemerintah kota, kabupaten dan provinsi, kita bisa lihat dari situ,” lanjutnya.

 

Wagub Steven dalam sambutannya mengatakan jalannya pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean goverment) harus menjadi tekad bersama semua penyelenggara negara.

“Kita semua tetap harus mendapatkan pencerahan, kita semua harus mendapatkan tambahan ilmu. Karena kita tahu persis bahwa tiap tahun, tiap saat, terjadi regulasi-regulasi baru, ada tantangan-tantangan baru,” ucap Kandouw.

 

“Kami percaya acara hari ini yang dipimpin langsung oleh Bapak Wakil Ketua KPK, pasti akan memberikan kontribusi positif terhadap sikap, tekad dan pengetahuan kita terhadap kita semua untuk melaksanakan pemerintahan yang bersih yang berintegritas,” jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan KPK RI Nawawi Pomolango juga diikuti Wakil Gubernur Steven Kandouw serta seluruh Kepala Daerah Kabupaten/Kota se- Sulut. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.