Dilantik Pada Masa Pandemi Covid-19 , 3 Tahun Kepemimpinan JGKWL Berhasil Membangun Minut Menjadi Lebih Hebat

oleh -2191 Dilihat
oleh

MINUT, MomentNews.id – Tiga tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 26 Februari 2021, Joune Ganda dan Kevin William Lotulung (JGKWL) dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara.

Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E.,M.A.P., M.Si.M.M., dan Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin W. Lotulung, S.H.,M.H., dilantik pada saat Pandemi Covid-19 dan saat Kabupaten Minahasa Utara sedang “tidak baik-baik saja”, menjadi suatu tantangan terbesar JGKWL dalam memimpin Minahasa Utara saat itu.

Harus menghadapi masa Pandemi Covid-19, JGKWL dengan mulus mampu mengatasinya dengan program-program dan kegiatan yang tepat sasaran. Di tengah anggaran yang terbatas karena sebagian di pakai untuk mengatasi Pandemi, Minahasa Utara tetap bisa terus membangun, bahkan pencapaian pajak yang melebihi target di atas 100% dan mendapat penghargaan dari Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bitung atas kontribusi dan kerjasamanya dalam mendukung pencapaian 100% Penerimaan Pajak.

Dengan usaha yang luar biasa, JGKWL berhasil menjadikan tantangan tersebut menjadi suatu motivasi tersendiri untuk membangun Minahasa Utara lebih baik. Salah satu terobosan yang terbaik menurut redaksi MomentNews.id yakni dalam hal jaminan kesehatan, dimana Minut telah memiliki predikat Universal Health Coverage (UHC). Jadi bagi masyarakat Minahasa Utara yang belum memiliki BPJS, hanya dengan menunjukan KTP bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dari Rumah Sakit.

Yang tidak kalah pentingnya, Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung berhasil menjaga stabilitas kamtibmas dan stabilitas ekonomi masyarakat Minahasa Utara. Hal tersebut bukanlah hal yang mudah tanpa komitmen, usaha dan kerja keras dari Bupati dan Wakil Bupati.

Seperti pribahasa “tidak ada gading yang tak retak”, telah banyak yang dilakukan selang dua tahun ini, bukannya tanpa kekurangan, masih banyak hal yang harus diselesaikan, sudah dimulai tapi belum selesai, terutama di bidang pelayanan publik dan hal-hal yang berhubungan dengan peningkatan kesejahtraan rakyat.

Semoga Bupati dan Wakil Bupati serta Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara bersama unsur Forkopimda, Pimpinan Dan Anggota DPRD, terutama seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Minahasa Utara, untuk tetap bersinergi dan memiliki semangat serta komitmen yang sama dalam membangun Kabupaten Minahasa Utara yang kita cintai.

Berikut prestasi Kabupaten Minahasa Utara di bawah Kepemimpinan JGKWL dalam 3 tahun terakhir yang berhasil di rangkum redaksi MomentNews.id dari berbagai sumber :

Kabupaten Minahasa Utara menjadi Kabupaten pertama di Indonesia yang ditetapkan sebagai Kabupaten Bumi Revolusi Mental oleh Menteri Koordinator  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Bpk. Muhadjir Efendy.

Dalam Event Trisakti Tourism Award 2021 mendapatkan 3 (Tiga) Penghargaan, Yaitu:

  1. Desa Maumbi Kecamatan Kalawat, Juara III Desa Wisata Berbasis Kuliner
  2. Desa Pulisan Kecamatan Likupang Timur, Juara II Desa Wisata Favorit
  3. Desa Sawangan Kecamatan Airmadidi, Juara III Desa Wisata Favorit

Dalam Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Dari 3.419 Desa Wisata Yang Ada Di Indonesia, Kabupaten Minahasa Utara, Mendapatkan:

  • 500 Besar Adwi Untuk Desa Tumaluntung, Desa Palaes, Desa Sawangan, Desa Gangga Satu Dan Desa Budo 3
  • 300 Besar Adwi Untuk Desa Tumaluntung, Desa Gangga Satu Dan Desa Budo
  • 50 Besar Adwi Untuk Desa Budo

Berdasarkan Hasil Penilaian Dari Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dalam Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022, Dari 3.419 Desa,

Desa Budo Kecamatan Wori Meraih Peringkat Pertama Desa Wisata Kategori Digital.

Bidang Pengelolaan Keuangan Kabupaten Minahasa Utara Kembali Dapat Meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK, Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Mendapatkan Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2021 Dari Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI.

Kabupaten Minahasa Utara Sebagai Kabupaten Digital Berada Diperingkat Dua Se Provinsi Sulawesi Utara Dalam Peningkatan Inovasi Daerah.

Kabupaten Minahasa Utara Mendapat 3 Sertifikat Penghargaan Oleh LKPP RI Yaitu: Sertifikat Standar Pengelolaan Pendukung, Layanan Sertifikat Standar Pengelolaan Kelangsungan, Layanan Sertifikat Standar Pengelolaan Dengan Pengguna Layanan Hubungan.

Terkait Percepatan Penurunan Stunting, Yang Melibatkan Banyak Opd, Maka Kabupaten Minahasa Utara Diapresiasi Dengan Peringkat Ketiga Terbaik Se Provinsi Sulut Pada Penilaian Kinerja Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2021, Oleh Kementerian Dalam Negeri Dan Pemerintah Provinsi Sulut.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara Menerima Penghargaan Berupa Sertifikat Eliminasi Malaria Dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Bupati Minahasa Utara Menerima Sertifikat 17 Standar LPSE Dari Kepala LKPP-RI Abdullah Aswar Anas.

Bupati Minahasa Utara Menerima Penghargaan Satya Lencana Dharma Aditya Karya Mahatva Yodha Tahun 2022 Dari Pengurus Karang Taruna Nasional.

Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Maria Walanda Maramis, Meraih Sertifikat Akreditasi Paripurna. Akreditasi Paripurna Adalah Akreditasi Tertinggi Dari Tingkatan Akreditasi Yang Diberikan.

Penghargaan Dari Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian Kementrian Pertanian Diberikan Kepada Bupati Minahasa Utara Komitmen Dan Dukungan Terhadap Atas Program Pengembangan Kawasan Pertanian Terstandar- Icare Tahun 2022-2027.

Dalam Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Utara Di Tahun 2022, Kontingen Kabupaten Minahasa Utara Meraih Posisi Kedua Dengan Perolehan 53 Medali Emas, 51 Medali Perak, Dan 64 Medali Perunggu.

Peringkat III Terbaik Se Provinsi Sulawesi Utara Dalam Keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan. Kabupaten Minahasa Utara Termasuk Dalam 15 Kabupaten/Kota Di Indonesia Dalam Perluasan Kesempatan Kerja (Likupang), Oleh Kementrian Tenaga Kerja RI.

DPD Real Estate Indonesia Sulawesi Utara Dalam Acara Rei Sulut Award II Memberikan Penghargaan Kepada Kabupaten Kabupaten Terbaik Minahasa Utara Sebagai Pelayanan Perijinan Dan Kemudahan Berusaha Tahun 2022 (Tahun 2021 Penghargaan Ini Diterima Juga Oleh Kabupaten Minahasa Utara).

Pada akhir Januari 2023, Presidan RI Joko Widodo dan sejumlah Menteri, mengunjungi Kabupaten Minahasa Utara sekaligus dengan peresmian Waduk Kuwil dan Meninjau beberapa tempat di Wilayah Minahasa Utara.

Karena cuaca yang extrem, pada akhir Januari 2023 Kabupaten Minahasa Utara menjadi salah satu wilayah yang terkena bencana banjir dan tanah longsor. Respon cepat dan tepat dari Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, penanganan Bencana di Kabupaten Minahasa Utara sangat baik, cepat dan tepat. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.