Cuaca Ekstrem, BPBD Minut Siaga Kebencanaan! Call Center 112 dan WA Lapor JaGa KaWaL Stay

oleh -951 Dilihat
oleh

MINUT, MomentNews.id – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) siap siaga dalam menghadapi kebencanaan di musim penghujan bahkan cuaca ekstrem yang akan terjadi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Minut Drs. Theodore Vanny Lumingkewas, M.M  yang akrab disapa Theo kepada wartawan, Sabtu (06/12/24) pagi tadi.

Dikatakan Kalaksa Theo, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara harus selalu siaga apabila ada bencana.

“Musim penghujan Pemkab Minut siap memberikan pelayanan cepat tanggap kepada masyarakat apabila terjadi bencana,” ujarnya sembar mengajak warga agar segera melaporkan peristiwa kebencanaan apapun, termasuk adanya pohon tumbang yang dapat menyebabkan terganggunya aktivitas lalin.

Sebagaimana apel kesiapsiagaan bencana yang dipimpin oleh Kepala BPBD yang juga Sekertaris Daerah Ir Novly Wowiling pada tanggal 23 Desember 2023 lalu, ditambahkan Kepala Pelaksana, bahwa apel yang diikuti Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan Kepala-kepala OPD terkait, TNI dan Polri, Basarnas, Lanudal, PMI, ORARI, RAPI dan Call Center 112, berkomitmen memberikan pelayanan kebencanaan secara cepat dan terpadu dibawa komando dari BPBD.

“Fungsi komando adalah, BPBD melaksanakan penanggulangan bencana dengan pengerahan sumber daya manusia, peralatan, logistik dari Satuan Kerja Perangkat Daerah lainnya, instansi vertikal yang ada di daerah serta langkah-langkah lain yang diperlukan dalam rangka penanganan darurat bencana.

Fungsi pelaksana, kami melaksanakan penanggulangan bencana secara terkoordinasi dan terintegrasi dengan SKPD lainnya di daerah, instansi vertikal yang ada di daerah dengan memperhatikan kebijakan penyelenggaraan penanggulangan bencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Theodore Lumingkewas.

Lebih lanjut Kalaks BPBD Minut  menyampaikan, Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Luntungan (JG-KWL) telah memerintahkan agar siaga dan tanggap terhadap ancaman situasi cuaca ekstrem.

“Atas instruksi dan perintah Bupati dan Wabup, kami di BPBD Minut telah mempersiapkan 20 personil Tim Reaksi Cepat (TRC)  yang siaga 1×24 Jam. Tiap tim terdiri dari 5 personil yang piket secara bergantian dan akan bergerak apabila terjadi bencana,” tutup Kalaks Theo.

Apabila terjadi bencana dan atau informasi lainnya terkait pelayanan kepada masyarakat, dapat menghubungi Call Center 112 atau WA Lapor JaGa KaWal di nomor WhatsApp: 081153501123. (Jesis)

No More Posts Available.

No more pages to load.