BNPB Asistensi Dokumen Kajian Risiko Bencana Kabupaten Minahasa Utara 2023-2028

oleh -1601 Dilihat
oleh

MINUT, MomentNews.id – Dokumen Kajian Risiko Bencana (KRB) Kabupaten Minahasa Utara tahun 2022-2028 di asistensi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kamis, 7 Desember 2023.

Sebelum di asistensi telah dilaksanakan tahap penyepakatan metodologi. Kali ini tahap penyusunan dan tahap review akhir akan dilakukan setelah mendapatkan masukkan dari seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Minahasa Utara sehingga menghasilkan dokumen KRB yang sesuai dengan kondisi di lapangan.

Asistensi KRB dilaksanakan oleh Tim Asistensi BNPB, Pendampingan atau asistensi diperlukan untuk memastikan dokumen KRB Kabupaten Minahasa Utara tahun 2013-2028 disusun dengan standar Nasional dan menghasilkan data yang sesuai dengan kondisi di lapangan.

Dokumen KRB adalah dasar dalam penyusunan dokumen-dokumen perencanaan penanggulangan bencana lainnya. Dalam penyusunannya, terdapat banyak hal teknis yang perlu dilaksanakan agar menjadi dokumen KRB yang valid dan mendekati kesesuaian terbaik dengan kondisi di lapangan.

Berikut catatan perbaikan dalam pembahasan asistensi dengan BNPB. Diantaranya, logo instansi pada layout peta masih menggunakan logo BNPB. Agar diganti menjadi logo Pemda dan BPBD. Selanjutnya terkait Perlu luas wilayah yang digunakan. Contohnya, Luas wilayah dan total luas formasi geologi masih berbeda dan total luas bahaya gempabumi menyesuaikan dengan luas wilayah tersebut. Perbaikan typo dan estetika penempatan gambar dan ilustrasi, Analisa angka yang tidak sinkron, agar supaya angka merujuk yang disepakati secara official sebagai dasar rujukan. Di adjust otomatis berdasarkan baseline data walaupun sumber data dan dana analisis berpeluang adanya perbedaan angka. Contoh Kabupaten dalam angka.

Kepala Pelaksana BPBD Minut Theodore Lumingkewas mengatakan, jika penyusunan dokumen KRB Kabupaten Minahasa Utara tahun 2023-2028 merupakan komitmen pimpinan dalam hal ini Bupati Joune Ganda untuk menjadi acuan dalam pengambilan keputusan sehingga dapat mengantisipasi dan mengurangi risiko ketika terjadi berbagai bencana.

“Asistenai BNPB terhadap draf dokumen Kajian Risiko Bencana Kabupaten Minahasa Utara terdapat beberapa hal yang akan disesuaikan. Tentunya ini penting agar ada singkronisasi baik secara Nasional maupun dengan dokumen KRB Provinsi,” tutup Kalaksa Theo.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.