Wagub Sulut Steven Kandouw Melakukan Kunjungan Kerja ke Jepang

oleh -2982 Dilihat
oleh

JEPANG, MomentNews.id – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Jepang, salah satunya ke Pusat Investasi Bank Indonesia di Tokyo dan bertemu Wakil Duta Besar (Wadubes) Republik Indonesia untuk Jepang John Tjahjanto Boestami, Senin (10/7/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka memperkuat Eksport dan Investasi Geothermal (energi terbarukan), Transformasi Digital, Pariwisata dan Industri perikanan serta pengembangan Kapasitas pelajar SMK dalam mempersiapkan tenaga kerja profesional untuk siap masuk Industri di Negara Jepang.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw bertemu Wakil Duta Besar (Wadubes) Republik Indonesia untuk Jepang John Tjahjanto Boestami untuk membahas optimalisasi jalur perdagangan langsung dari Sulut ke Jepang.

Wagub menyampaikan soal hambatan ekspor barang ke Jepang karena masih adanya aturan yang tidak sejalan dengan kebijakan daerah sehingga memakan waktu pengiriman lebih lama.

Steven Kandouw memberikan contoh petani wallet yang harus mengirim walletnya ke Jakarta sebelum ke Jepang, padahal kita sudah ada direct flight dan banyak lagi regulasi yang ternyata menghalangi peningkatan ekspor impor.

Provinsi Sulawesi Utara memiliki hasil komoditas pertanian dan perikanan yang sudah mendunia. Apabila didukung dengan regulasi tentunya arus ekspor impor dari Sulut ke Jepang dan sebaliknya akan meningkat. Neraca Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara pada Mei 2023 sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS)  mengalami surplus sebesar 35,15 Juta Dollar AS.

komoditas ekspor nonmigas terbesar pada Mei 2023 masih didominasi lemak dan minyak hewani/nabati, senilai US$ 31,54 juta atau 54,25 persen dari total ekspor. Sedangkan untuk komoditas impor terbesar adalah bahan bakar mineral, senilai US$ 12,80 juta atau 55,67 persen dari total impor.

Kandouw juga menegaskan komitmen Pemprov Sulut untuk memperhatikan keberadaan warga Sulut yang bekerja di Jepang agar seluruhnya dapat bekerja sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

Wagub Steven Kandouw juga menyempatkan diri beribadah bersama Jemaat GMIM Betlehem Oarai di Jepang, bersama dengan Komisari BSG Marhany Pua, Ketua Pemuda Sinode GMIM Rio Dondokambey, dan rombongan lainnya.

Turut hadir dalam pertemuan ini Sekretaris TP-PKK Sulut yang juga Kadis P3AD Kartika Devi Kandouw-Tanos, Wakil Bupati Minut Kevin Lotulung dan Kadiskominfo Sulut Evans Steven Liow.(***)

(Advetorial Diskominfo Sulut)

No More Posts Available.

No more pages to load.