Paparkan Keberhasilan Pembangunan Pertanian Minut Kepada Tim Sekretariat Militer Presiden RI, Bupati Joune Ganda Calon Penerima Penghargaan Satya Lencana Pembangunan

oleh -1269 Dilihat
oleh

MINUT, MomentNews. id – Sebagai calon penerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan, Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E., MAP., M.M., memaparkan materi keberhasilan pembangunan pertanian dihadapan tim penilai Satya Lencana Pembangunan dari Sekretariat Militer Presiden, Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Selasa (09/05/23) pagi di pendopo JG Center.

Penghargaan Satya Lencana pembangunan bidang pertanian ini diberikan kepada Kepala Daerah yang berhasil mendorong dan meningkatkan pembangunan pada bidang Pertanian, Bupati Joune Ganda menyampaikan keberhasilan pembangunan pertanian komiditi kelapa di Kabupaten Minahasa Utara.

Pada tim penilai, Bupati Joune Ganda menyampaikan bahwah faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberhasilan pembangunan pertanian di Kabupaten Minahasa Utara. Untuk internal, tersedianya bibit unggul kelapa seperti kelapa dalam dan kelapa genja. Banyak juga produk turunan Kelapa dan peluang ekspor yang cukup besar karena ada penerbangan langsung ke luar negeri dan dekat dengan bandara serta pelabuhan internasional di Kota Bitung.

Faktor eksternal adalah sebagian besar Petani Minut adalah Petani Kelapa, berkembangnya UMKM dan perusahaan swasta dalam mengembangkan komoditi kelapa dan turunannya, permintaan yang sangat besar di pasar dalam negeri maupun manca negara, tersedianya lembaga Penelitian Kelapa seperti Balitpalma dan BRIN,  terbangunnya sarana dan prasarana proses budidaya dan pasca panen, promosi dan sosialisasi pengembangan, pemanfaatan komoditi kelapa dan turunannya serta dukungan program I-CARE dari World Bank.

Ditambahkan Bupati Joune Ganda, Indikator keberhasilan pembangunan pertanian komoditi kelapa dan turunannya di Kabupaten Minahasa Utara adalah adanya program Mari Jo Ba Kobong yang dituangkan dalam surat edaran Bupati Minahasa Utara nomor 15 tahun 2022 tentang pelaksanaan gerakan mari Jo bakobong di Kabupaten Minahasa Utara.

“Hal-hal tersebutlah yang menjadi faktor utama dalam peningkatan ekonomi untuk nilai tukar petani (NTP). Sebagai daerah nyiur melambai, Kabupaten Minahasa Utara terus berupaya meningkatkan produk komoditi Kelapa dan turunannya sebagai komoditi unggulan daerah, dengan ditetapkannya Kabupaten Minahasa Utara sebagai penghasil bibit unggul kelapa genja akan berdampak dalam peningkatan usaha dan memberi peluang investasi daerah. Keberhasilan yang dicapai tidak terlepas dari dukungan semua pihak terutama partisipasi aktif masyarakat/ petani mulai dari tahapan perencanaan pelaksanaan dan pengendalian serta kerjasama yang baik dalam menjaga kesinambungan usaha,” tutup Bupati Joune Ganda.

Gian Martika Kuswandi selaku Ketua tim menyampaikan bahwa verifikasi lapangan merupakan proses pemeriksaan kebenaran dan kesesuaian antara karya dan atau inovasi yang diusulkan dengan data dan bukti yang disajikan saat pelaksanaan peninjauan dan atau pendalaman.

“Untuk tata cara pengusulan, Kabupaten Minahasa Utara sudah sesuai dan saat ini sudah pada tahap verifikasi tingkat 6 ke 7 dari 9 tahap verifikasi penilai. Kami berharap, usulan lain dalam pemaparan Bupati akan sesuai dengan apa yang ada di lapangan saat peninjauan. Pada kesempatan ini, yang dapat kami sampaikan, bahwa tidak mungkin kami akan lakukan verifikasi lapangan seperti saat ini jika syarat-syarat yang ditentukan belum terpenuhi,” ujarnya.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan berita acara verifikasi lapangan antara Bupati Joune Ganda dan Ketua Tim verifikasi lapangan Ibu Gian Martika Kuswandi yang disaksikan oleh Kepala Balai Karantina Pertanian Manado, Kepala Dinas Pertanian Minut Ir. Wangke Karundeng dan Asisten II Allan Mingkid serta tim Sekretariat Militer Presiden dan Kementan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara Ir. Wangke Karundeng, Asisten II Allan Mingkid, Ketua KTNA Minut Arly Dondokambey dan  para penyuluh serta dihadiri Camat se Kabupaten Minahasa Utara. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.