Komitmen JGKWL, Membawa Minut Menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2023

oleh -2574 Dilihat
oleh

JAKARTA, MomentNews.id – Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, S.E., MAP.,M.M.,M.Si, menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2023, yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Jend. Pol. (Purn) Prof. Drs. H. Tito Karnavian, M.A, Ph.D di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/23).

Acara ini dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Jend. Pol. (Purn) Prof. Drs. H. Tito Karnavian, M.A, Ph.D, Menteri Kesehatan RI, Para Gubernur penerima penghargaan dan Bupati/Walikota penerima penghargaan.

Kabupaten Minahasa Utara menjadi salah satu Kabupaten Penerima UHC award 2023 ini karena komitmen dan kerja keras Pemerintah Daerah dalam peningkatan pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mencapai 99,11% dari jumlah penduduk dan telah mendaftarkan penduduknya dalam segmen PBPU Pemda (bantuan pemerintah).

Komitmen dari Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung Ini menjadi suatu prestasi yang luar biasa dan akan sangat bermanfaat untuk masyarakat Minahasa Utara, terutama masyarakat yang kurang mampu.

Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengapresiasi Pemerintah Daerah yang telah konsisten mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional.

“Saya mengapresiasi  komitmen penyediaan anggaran daerah untuk membayar iuran jaminan Kesehatan. Pendanaan yang kuat akan menjamin keberlanjutan program secara berkesinambungan,” kata Wakil Presiden RI.

Lebih lanjut dalam arahannya, Wakil Presiden Republik Indonesia menyampaikan agar Pemerintah Daerah mengambil peran lebih, dengan mendaftarakan penduduk rentan ke BPJS Kesehatan, antara lain para penyandang distabilitas, warga lanjut usia dan masyarakat terlantar.

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda berharap dengan tercapainya UHC ini maka dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat serta meningkatkan aksesibilitas pelayanan kesehatan dimanapun berada serta terciptanya penataan pelayanan dan pembiayaan secara adil dan terjangkau. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.