Badan Keuangan Minut Gelar Sosialisasi Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah

oleh -1794 Dilihat
oleh

MINUT, MomentNews.id – Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Minahasa Utara menggelar kegiatan sosialisasi Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, di Hotel Sutanraja Kalawat, sejak Senin 19 Desember – Selasa 20 Desember 2022.

Bupati Minahasa Utara Joune J.E Ganda SE, M.A.P dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Revino Dondokambey yang membuka kegiatan ini, menyampaikan bahwa setiap aparatur pemerintahan daerah terutama para pejabat penatausahaan keuangan dan para bendahara sangat penting untuk memahami mekanisme pengelolaan keuangan daerah.

“Seluruh peserta harus mengikuti kegiatan ini dengan serius dan tanggung jawab, sehingga bimtek ini mampu melahirkan aparatur pemerintahan yang profesional dalam mengelola keuangan daerah agar terwujud pengelolahan keuangan yang partisipatif, transparan dan akuntabel,” ucap Asisten III.

Kepala BPKPD Minut Carla A. Sigarlaki didampingi Kepala Bidang Perbendaharaan Christian Andries Katuuk menyampaikan bahwa peserta harus mampu memahami pengelolaan keuangan daerah sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 77 Tahun 2020, menyamakan persepsi tentang langkah-langkah mengakhiri akhir tahun anggaran 2022. Memahami tata cara dan dasar pengenaan pajak bagi bendahara sebagai pemotong / pemungut pajak, memahami tata cara dan dasar dana transfer serta mampu menyamakan persepsi tentang kebijakan umum pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022.

“Kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk menyamakan persepsi tentang kebijakan umum pelaksanaan ABPD Tahun Anggaran 2022 dan juga sebagai persiapan mengakhiri tahun anggaran dan persiapan pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2022.” Lanjut Kaban Carla.

Pembawa materi dalam kegiatan ini adalah Tim Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Tim Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bitung, Tim Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bitung dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Minut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Revino Dondokambey, Kepala BPKPD Carla A. Sigarlaki,  Kabid Perbendaharaan Christian Andries Katuuk serta seluruh Bendahara Pengeluaran se-Minahasa Utara.

(Jesis Dotulong)

No More Posts Available.

No more pages to load.