PAROKI AIRMADIDI JUARA UMUM KEVIKEPAN TONSEA PADA LOMBA PESTA KRISTUS RAJA DI BITUNG

oleh -2597 Dilihat
oleh

BITUNG, MomentNews.id – Paroki Santo Antonius dePadua Airmadidi, berhasil meraih empat gelar juara pada tujuh lomba Pesta Kristus Raja Semesta Alam se Kevikepan Tansea, yang dilaksanakan di Paroki Stella Maris Bitung, Minggu(20/11/22).

Rangkaian kegiatan Pesta Kristus Raja telah dimulai sejak Jumat 18 November, yaitu lomba Tari Jajar diikuti sembilan OMK (Orang Muda Katolik) dan lomba Tari Pasutri (Pasangan Suami Istri) diikuti empat Paroki, yang diadakan di Covention Hall Dua Sudara Bitung. Dari hasil total tujuh kegiatan Paroki Airmadidi berhasil Juara Satu pada Defile yang biasanya sebagai lomba unggulan dan lambang prestisius dikalangan umat Katolik. Tari Jajar OMK Airmadidi yang tampil menarik sehingga memukau seluruh penonton dari sembilan Paroki, hanya selisih angka sangat tipis 0.2 dari OMK St. Paulus Lembean yang meraih juara satu dengan angka 234,8. Pasutri Paroki Airmadidi sebagai Juara Dua harus puas juga dikalahkan tuan rumah Paroki Manembo Nembo. Gelar keempat Paroki Airmadidi di raih pada lomba Cerdas Cermat Agama Katolik.

Hasil lengkap Lomba Pesta Kristus Raja sbb:

Lomba SEKAMI :

  1. Paroki St Yohanes Penginjil Laikit.
  2. Paroki St.Antonius Girian.
  3. Paroki St.Fransiskus Kokoleh

                                                                                   

Lomba Koor Gregorian : 

  1. Paroki Sta Maria RPR Manembo- nembo.
  2. Paroki St Ursula Watutumou.
  3. Paroki Stella Maris Bitung.

                                                                       

Lomba Simulasi PPA : 

  1. Paroki Girian.
  2. Paroki Bitung.
  3. Paroki Kema.

 

Lomba CCA :

  1. Paroki Airmadidi.
  2. Paroki Stella Maris Bitung.
  3. Paroki Lembean.

 

Lomba Defile  :

  1. Paroki Airmadidi.
  2. Paroki Lembean
  3. Paroki Laikit.

 

Lomba Tari Jajar :

  1. Paroki Lembean
  2. Paroki Airmadidi.
  3. Paroki Manembo nembo.

 

Lomba PASUTRI : 

  1. Paroki Manembo –nembo.
  2. Paroki Airmadidi.
  3. Paroki Girian.

Pesta Kristus Raja se Kevikepan Tonsea berlangsung sukses,dengan puncak acara lomba diadakan di sekolah Don Bosco serta Misa Ekaristi di  Lapangan Kantor Walikota Bitung. Event rohani yang diikuti sepuluh ribuan umat Katolik se Minahasa Utara dan Bitung, berjalan lancar  dengan Ketua Panitia Aldo N. Ratungalo. Semarak nya acara Pesta Kristus Raja ini, mulai muncul disaat Lomba Tari Jajar yang didikuti anak anak muda Katolik dari sembilan Paroki.

Dimana hampir seluruh peserta tampil  menawan menyuguhkan gerak tari sambil menyanyi. Semua Paroki mengirimkan tim Tari Jajar nya yang membuktikan ada dinamika dan geliat aktifitas. Karena dari OMK lah yang akan menjadi generasi penerus penggerak kerohanian agama Katolik se Kevikepan Tonsea. Pelatih Tari Jajar Paroki Lembean, Demsy Ransun bersama asistennya Lena Mangangantung menyatakan kekagumannya antusias OMK Kevikepan Tonsea, yang semua berperan aktif dan tampil berlomba. Suami istri yang sudah malang melintang puluhan tahun didunia tari jajar dan koor umat Katolik itu, mengakui melatih anak anak muda dibutuhkan kesabaran, keuletan dan kecermatan. “Sebagai pelatih professional harus simak kemauan panitia lomba dan mencari tahu siapa yuri yurinya. Diingatkan selera yuri berbeda, biarpun peserta lomba difavoritkan penonton,” demikian  Demsy yang mantan guru kesenian di SPG Negeri Manado itu. Begitu juga di tarian Pasutri, ada yuri yang hanya melihat gerakan atau koreotari yang sederhana tapi serasi dan tidak ribet. Terlalu banyak variasi, belum tentu pas dimata yuri, biarpun tingkat kesulitannya tinggi.

Mengakhiri percakapan, pelatih Demsy membeberakan rahasia nya melatih OMK Lembean, ia hanya menunjuk para asistennya yaitu istri, putri dan cucu perempuan yang turut mengawasi. Menurut pengamatan wartawan, gerak tari Jajar harus didukung olah vocal yang sama sama harmonis. Dari kalangan anak muda komunitas tari jajar, sebagian pihak ingin penampilan tidak monoton, lebih variatif, inspiratif dan menarik ditonton. Tapi dipihak lain, disaat lomba dan menargetkan menang, mau tidak mau harus mengikuti selera yuri atau Panitia. (Pemred)

No More Posts Available.

No more pages to load.