Bupati Joune Ganda Menghadiri Rapat Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan Perubahan KUA – PPAS Tahun Anggaran 2022

oleh -2848 Dilihat
oleh

MINUT, MomentNews,id – Bupati Minahasa Utara, Joune J.E. Ganda, S.E., M.A.P., menghadiri Rapat Paripurna dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepakatan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Minahasa Tahun Anggaran 2022 di ruangan Sidang DPRD Kabupaten Minahasa Utara, Rabu (7/9/22).

Rapat Paripurna ini merupakan hasil pembahasan dan finalisasi dari Rapat Badan Anggaran DPRD Kabupaten Minahasa Utara tentang KUA-PPAS P-APBD Kabupaten Minahasa Utara Tahun Anggaran 2022.

Rapat Paripurna dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Utara, Denny K. Lolong, S.Sos didampingi Wakil Ketua, Olivia Mantiri, dan Daniel Mathew Rumumpe. Dalam Laporan Hasil Pembahasan KUA-PPAS P-APBD yang dibacakan Ketua DPRD Minahasa Utara, bahwa gejolak ekonomi global secara langsung mempengaruhi perekonomian nasional, untuk itu pemerintah merespon dengan mengeluarkan peraturan dan arah kebijakan baru dengan sasaran dan target yang harus di capai, antara lain; pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi yang harus dijaga stabil, sasaran tingkat kemiskinan, kebijakan peningkatan kinerja sektor pertanian, kehutanan dan perikanan.

Lebih lanjut Denny Lolong menyampaikan bahwa dengan adanya perubahan asumsi pada pendapatan daerah, Pemerintah Kabupaten dalam hal ini TAPD Kab.Minut diminta untuk melakukan harmonisasi, penyesuaian dan penyelarasan sebagaimana perlunya pada anggaran dan belanja daerah.

Dalam sambutannya Bupati Minut, Joune J.E. Ganda. S.E., M.A.P., berharap dengan ditandatanganinya Nota Kesepakatan KUA-PPAS P-APBD tahun anggaran 2022 ini, Pendapatan yang tercantum di dalam perubahan kebijakan umum anggaran dan perubahan proritas plafon anggaran sementara sudah termasuk dengan perubahan target pendapatan asli daerah, dana alokasi khusus serta dana bagi hasil susai dengan peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021, tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022, serta telah mengakomodir silpa tahun anggaran sebelumnya.

“Proyeksi pendapatan, belanja serta pembiayaan Tahun anggaran 2022 yang disepakati bersama ini nantinya pada tahapan rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 akan disesuikan dengan amanat peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 134/PMK.07/2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi Tahun Anggaran 2022 untuk periode bulan oktober sampai dengan bulan Desember 2022,”urai Bupati.

Sehubungan dengan amanat PMK nomor: 134/PMK.07/2022 tersebut, Disampaikan Bupati Joune Ganda, bahwa akan dialokasikan pagu anggaran 2 Persen untuk belanja wajib perlindungan sosial, saat ini sementara dalam tahap perhitungan yang mendetail serta dilakukan verifikasi data usulan kegiatan dari masing-masing OPD teknis yang membidangi penanganan dampak inflasi.

Turut hadir mendampingi Bupati Minahasa Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara Drs. Rivino Dondokambey, Forkopimda Minahasa Utara, para Anggota DPRD Minahasa Utara Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara , serta Camat se-Kabupaten Minahasa Utara. (Jesis Dotulong)

No More Posts Available.

No more pages to load.