Sandiaga Uno dan Joune Ganda Menghadiri Kegiatan Literasi Keuangan Desa Wisata di Likupang

oleh -1991 Dilihat
oleh

MINUT, MomentNews.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, SE, MAP menghadiri kegiatan Literasi Keuangan Desa Wisata di Desa Pulisan Kec. Likupang Timur, Minahasa Utara, Sabtu (30/7/22).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat  Akses Pembiayaan Kementeri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan pihak perbankan. Bank Indonesia mendorong penggunaan Qris yakni transaksi non tunai terutama yang bersifat contactless yang lebih Cemumuah (Cepat, Mudah, Murah, Aman, Handal) untuk bertransaksi dibandingkan alat pembayaran menggunakan uang tunai atau kartu, mengingat tidak ada kontak fisik antara pembeli dengan pedagang

Juga ada Pelatihan Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK) yang antara lain tentang Sasaran dan Perencanaan Keuangan, Pentingnya Perencanaan Keuangan bagi UMKM, Memisahkan Keuangan Pribadi dengan Usaha, Laporan Keuangan Terstandar, Fungsi Laporan Keuangan, Assymetric Information Lembaga Keuangan dan UMKM Dan cara membuat laporan keuangan.

Menteri Pariwisata dan Ekraf Sandiaga Uno dalam sambutanya menyampaikan kegiatan ini merupakan momen kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dukungan terhadap pariwisata likupang ditandai dengan banyaknya investor yang mau berinvestasi di Likupang, padahal ditengah-tengah pandemi, salah satunya  hotel bintang 5 pertama di Sulawesi  Utara yaitu Hotel Merriot di Desa Paputungan yang sebentar lagi akan dibuka.

“Apresiasi sekali lagi disampaikan kepada pihak perbankan karena ada Kredit usaha rakyat (KUR) untuk sektor Parekraf  kepada 3,4 juta pelaku pariwisata dengan total nilai 129 triliun rupiah,”kata Menteri.

“Terima kasih kepada PT.SMF, yang juga akan memberikan batuan renovasi dan rumah baru untuk home stay, jadi hari ini 700 juta rupiah digelontarkan,”lanjut Menteri.

Sandiaga Uno juga mengajak lembaga keuangan untuk berkolaborasi dengan  UMKM karna UMKM lah yang menciptakan 97% lapangan pekerjaan di Indonesia. Dan berharap seluruh pelaku usaha wisata di Desa wisata pulisan Kabupaten Minahasa Utara segera menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 9042: 2021 tentang Kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian.

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, SE, MAP dalam pernyataannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa kepada Kemenpar dan perbankan yang sudah luar biasa membantu masyarakat Minahasa Utara di berbagai sektor, sehingga target pariwisata berkelanjutan bisa dirasakan langsung masyarakat Minahasa Utara.

Di sela-sela acara Menteri dan Bupati menyerahkan secara simbolis pembiayaan 3 Perwakilan penerima pembiayaan KUR/Debitur Bank BRI Daerah Likupang yakni Yet Abdas, Plafond Rp. 15.000.000 (Jasa Akomodasi Lainnya, KUR Mikro), Sardius Talibana, Plafond Rp. 20.000.000 (kuliner, KUR Mikro) dan Chalsum Dwi Ningrum, Plafond Rp. 10.000.000 (Jasa Akomodasi Lainnya, KUR Mikro).

3 Perwakilan penerima pembiayaan KUR/Debitur Bank Mandiri Daerah Likupang yakni Fiven Laurry Feyby Weku, Plafond Rp. 50.000.000 (Kuliner olahan, KUR Mikro), Maisje Maria Rau, Plafond Rp. 200.000.000 (Kuliner, KUR Kecil) dan Frans Bernard Rottie, Plafond Rp. 100.000.000 (Jasa Angkutan/Travel, KUR Kecil)

2 Perwakilan penerima pembiayaan KUR/Debitur Bank BCA Daerah Likupang yakni Indria Lighaya Suwu, Plafond Rp 350.000.000 (Kuliner, KUR Kecil) dan Agustien Tineke Kandou, Plafond Rp 150.000.000 (Kuliner, KUR Kecil).

2 Perwakilan penerima pembiayaan KUR/Debitur Bank BPD SulutGo Daerah Likupang yakni Johanes Hamdie Christian Pontoh, Plafond Rp 25.000.000 (Kriya, KUR Mikro) dan Rommy Joeseph Katuuk, Plafond Rp 30.000.000 (Kriya, KUR Mikro)

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara SMF dengan Desa Wisata Paputungan dan Palaes terkait fasilitasi kredit pembiayaan Homestay sekaligus Penyerahan Simbolis pembiayaan Homestay dengan total jumlah kredit yang disalurkan sebesar 1,4 Milyar rupiah.

Khusus untuk akses pembiayaan di DSP Likupang ini sudah tersalurkan KUR Sektor Parekraf pada semester 1 2022 dari 4 Bank yang hadir disini total Rp 15,6 miliar dengan rincian yaitu BRI Rp 6,1 miliar, Bank Mandiri Rp 5,6 miliar, Bank SulutGo Rp 2,3 miliar dan BCA Rp 1,6 miliar

Turut hadir mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE, MAP adalah Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Henky H.P. Manurung, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara Henry Katjily, Kepala OJK Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara Winter Marbun, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara Fernando R.Butarbutar, Asisten 1 Minut dr. Jane Symons, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara Audy F. Sambul, Kepala Dinas Kominfo Minahasa Utara Theo Lumingkewas, Kepala Dinas Sosial PMD Minut Alpret Pusungulaa, Regional CEO Bank BRI Area Suluttenggomalut Luthfi Iskandar, Kepala Kantor Wilayah Bank Mandiri SulutGo Eddy Efrata Sinulingga, Kepala Kantor Cabang Utama BCA Manado Liau Jung Nyap, Pemimpin Divisi Kredit Komersial Bank SulutGo Nasrudin Herlambang, Plh. Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf Rita Dwi Kartika Utami, Koordinator Perbankan Kemenparekraf/Baparekraf Mugiyanto, Direktur Keuangan dan Operasional SMF Bonai Subiakto, Ketua Tim Pembiayaan Homestay PT SMF Slamet Prabowo, Para Pejabat Pemkab Minahasa Utara, Para pejabat dari Desa Wisata Marinsow, Paputungan, dan Palaes, Perwakilan BUMDES Desa Wisata Marinsow, Paputungan, dan Palaes. (Jesis/Kelin)

No More Posts Available.

No more pages to load.