Diskotikdansa Melaksanakan Rakor Forum Satu Data Indonesia

oleh -1979 Dilihat
oleh

MINUT, MomentNews.id. – Pj. Sekretaris Daerah Minahasa Utara Drs. Rivino Dondokambey mewakili Bupati Minahasa Utara membuka kegiatan Rapat Koordinasi Forum Satu Data Indonesia yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika serta Persandian (Diskotikdansa) di Aula Bapelitbang, Kamis (21/07/22).

Narasumber dalam Forum Satu Data Indonesia (SDI) ini yaitu, Kepala Bappelitbang, Kepala BPS Kab. Minut, Kasubag Pembinaan Kejari Minut, Kadis Kominfo, Kadis Pertanian dan Kepala KPPN Bitung. Peserta forum adalah Organisasi Perangkat Daerah se-Kabupaten Minahasa Utara.

Perangkat Daerah adalah produsen data dan bertindak sebagai informasi-informasi awal data-data resmi yang akan di rilis dalam portal nanti. Tetapi untuk saat ini masih dalam posisi pengenalan, dan nanti pada Bulan Agustus sudah masuk pada bimbingan teknis tentang penginputan atau update data yang akan dipandu atau dibimbing oleh pihak BPS kepada OPD-OPD.

Pj. Sekda dalam sambutannya mengatakan, Satu Data Indonesia (SDI) ini merupakan kebijakan tata kelola data dari pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat.

“SDI merupakan kebijakan tata kelola data dari pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat. Data yang dimaksud disini adalah data yang memiliki beberapa prinsip yaitu memenuhi standart data, memiliki meta data, memiliki kaidah interoperabilitas data dan menggunakan kode referensi atau data induk,”ujar Dondokambey.

“Saya berharap Forum SDI Kabupaten Minahasa Utara pada saat ini akan menghasilkan satu sinergitas, satu koordinasi baik pembina daerah, wali data maupun produsen data dalam mensukseskan Satu Data Indonesia Kabupaten Minahasa Utara,”lanjut Sekda. (Jesis)

No More Posts Available.

No more pages to load.