JG-KWL Tugaskan Dinas Kominfo dan Dinas Kearsipan Mengikuti Bimtek Implementasi E-Arsip Terintegrasi

oleh -2840 Dilihat
oleh

MomentNews.id, MINUT – Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE, MAP dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung, SH, MH (JG-KWL) menugaskan Dinas Komunikasi Informatika serta Persandian dan Dinas Kearsipan untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Bimtek Implementasi E-Arsip Terintegrasi, di Hotel Aston, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara, Senin (18/7/2022).

Bimtek Implementasi E-Arsip Terintegrasi di Provinsi Sulawesi Utara ini diselenggarakan oleh Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI selama 2 hari yang diikuti oleh 15 Kabupaten dan Kota di Sulut.

Langkah dan upaya percepatan pembangunan Kabupaten Minahasa Utara di era digitalisasi terus dipacu Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung dengan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018, dan percepatan implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) sebagaimana diamanatkan dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dikebut oleh OPD terkait di Pemkab Minut.

Menurut Bupati Joune Ganda melalui kepala Dinas Kominfo Theodore Lumingkewas, bahwa yang didapat dalam Bimtek selain keamanan, yang paling simpel adalah mempermudah untuk disposisi surat menyurat, diantaranya surat masuk dan keluar akan lebih mudah dikontrol.

“Nantinya akan terintegrasi dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE), jadi pimpinan dalam hal ini Bupati dimanapun berada boleh mendisposisi surat, lebih muda. Juga, melalui aplikasi SRIKANDI, maka setiap informasi akan dapat terekam dengan baik sehingga nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa,” jelas Kadis Theodore.

Lebih lanjut dijelaskan, jika pengelola arsip di masing-masing perangkat daerah akan semakin mengerti cara mengelola arsip sesuai Nasional Standar Prosedur Kearsipan (NSPK) dengan menjadikan Peraturan Bupati urusan Kearsipan sebagai acuan atau pedomannya.

“Penerapan SRIKANDI dapat menjawab semua kendala pengelolaan arsip dinamis, seperti hilangnya arsip, arsip kegiatan yang tidak ada berkas, dan kebingungan bagaimana menyusutkan arsip. Yang pasti ini menjadi Komitmen Bupati untuk segera diterapkan di Kabupaten Minahasa Utara,” beber Kadis Kominfo.

Turut hadir dari Kabupaten Minahasa Utara, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Femmy Pangkerego, mendampingi Kadis Kominfo, Kepala Bidang Persandian Novilya Breving dan staf Diskotikdansa. (Wk. Pemred)

No More Posts Available.

No more pages to load.