Sosialisasi Sinergitas Pengawasan dan Kunjungan Lapangan Kementerian Pertanian di Kabupaten Minahasa Utara

oleh -676 Dilihat
oleh

MINUT. Momentnews.id – Kementerian Pertanian mengadakan Sosialisasi Sinergitas Pengawasan dan Kunjungan Lapangan ke Kabupaten Minahasa Utara bertempat di JG Center, Rabu (18/05/2022).

Kabupaten Minahasa Utara menjadi sebagai salah satu daerah dilaksanakannya kegiatan penyerahan bantuan bibit kelapa, jagung dan alat Pemipil Jagung.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan bahwa kegiatan pertanian di Sulawesi Utara dalam situasi Pandemi Covid 19 sangat menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dimana pada tahun 2020, pertumbuhan -0,9%, namun masuk tahun 2021 mencapai +4,17 pertumbuhan ekonomi di Sulut dan 23% disumbangkan dari sektor pertanian.

“Karena memang program kita langsung berubah dengan program Mari Jo ba kobong artinya mari kita kembali kepada pertanian. Semangat bertani masyarakat membawa motivasi baru hingga saat ini,” Lanjut Gubernur.


Bupati Minahasa Utara Joune Ganda berterimakasih dan menyambut baik serta mengapresiasi atas dipilihnya Kabupaten Minahasa Utara. “Kegiatan ini sebagai Sinergitas untuk mensukseskan Program Pembangunan Pertanian dalam menjaga Ketahanan Pangan Nasional.

Kabupaten Minahasa Utara memiliki potensi lahan Perkebunan seluas 49.884 hektar dengan luas lahan sawah 4.106 Hektar yang masuk lahan pertanian pangan berkelanjutan seluas 2.351 hektar. Program Peningkatan Komoditi dan Produktifitas Pertanian sedang dan akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2022,” Kata Bupati dalam sambutannya.

Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Sinergi Pengawasan dengan Mitra Bapak Jan Samuel Maringka, SH.MH, memuji tagline Sulawesi Utara “Mari Jo Ba Kobong” yang implementasinya bukan hanya sekedar teori tapi sudah dilaksanakan.

“Ini menjadi contoh pengalaman bagi kami membawa keberhasilan bagaimana Sulut bisa melewati masa kritis Covid 19 dan pemulihan ekonomi Nasional. Masyarakat Indonesia sebenarnya adalah masyarakat agraris, kini yang dilakukan Kementerian Pertanian adalah justru memperkuat dalam rangka membentuk Ketahanan Pangan. Terlebih meningkatkan Kedaulatan Pangan yang artinya bahwa kita mampu berdiri diatas kaki kita sendiri dengan kekuatan pertanian kita sendiri,” Lanjutnya.

Terlihat hadir dalam kegiatan ini, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Sinergi Pengawasan dengan Mitra Jan Samuel Maringka SH, MH, Inspektur III dan IV, Irjen Kementerian bersama jajaran, Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar Ir. Hendratmo Bagus, MSC, Bupati Minahasa Selatan Franky Wongkar, SE, Bupati Minahasa Ir. Royke Roring, M.Si, Wakil Bupati Minut Kevin W. Lotulung, SH.MH, Pj. Sekretaris Daerah Minut Drs. Rovino Dondokambey, Forkopimda Minut, Kajati Minahasa Utara, Kapolres Minahasa Utara serta para tamu Undangan.(ADVETORIAL)

No More Posts Available.

No more pages to load.